15 Keutamaan Membaca Al-Quran (Bagian 1 dari 3 Tulisan)
Bagikan yuk!

Oleh Bahrus Surur-Iyunk

Kamu malas baca Al-Quran? Atau, kamu agak sedikit malas atau ogah-ogahan membaca Al-Quran? Atau, jangan-jangan kamu sudah ingat lagi dengan salah satu poin dalam Rukun Iman: Beriman kepada Kitab-kitab Allah? Atau, kamu ingin menjamah dan membaca Al-Quran tetapi berat rasanya mau mengambilnya?

Bisa jadi hal itu terjadi karena kamu belum tahu keistimewaan membaca Al-Quran. Atau, kamu sudah tahu tetapi belum tahu apa isi kandungan Al-Quran. Sebagian orang, termasuk kita juga lah, malas membaca Al-Quran, karena belum tahu bahwa di dalamnya terdapat petunjuk untuk hidup di dunia.

Sebagian orang lagi merasa tidak punya waktu untuk membaca Al Quran, padahal di dalamnya terdapat pahala yang besar. Nah, kalau yang ini biasanya hanya mencari alasan saja. Di HP-nya ada aplikasinya. Tinggal sentuh saja sudah keluar. Seringkali, baru mau menyentuh aplikasi Al-Quran, eh kesentuhnya malah WA. Mau menyentuh lagi, eh yang kesentuh Instagram. Mau dibuka lagi, eh malah yang kebuka malah Facebook. Oh, nasibmu al-Quran..!

Sebagian orang lagi merasa tidak sanggup belajar Al-Quran, karena sulit katanya. Padahal, membacanya sangat mudah dan sangat mendatangkan kebaikan. Belajar membaca huruf-huruf Al-Quran dalam rangka belajar membaca Al-Quran itu pahalanya sudah berlipat dan Insya Allah sudah sama dengan membaca Al-Quran itu sendiri. Kalau kamu ingin tahu, ayo kita baca satu persatu keistimewaan dan keutamaan membaca al-Quran.

  1. Membaca AlQuran itu Perdagangan yang Tidak Pernah Merugi

Allah berfirman dalam Al-Quran Surat Fathir,

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتۡلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُواْ مِمَّا رَزَقۡنَٰهُمۡ سِرّٗا وَعَلَانِيَةٗ يَرۡجُونَ تِجَٰرَةٗ لَّن تَبُورَ ٢٩ لِيُوَفِّيَهُمۡ أُجُورَهُمۡ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضۡلِهِۦٓۚ إِنَّهُۥ غَفُورٞ شَكُورٞ ٣٠

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan me­nafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-di­am dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

2. Satu huruf yang kamu baca akan diganjar dengan satu kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

Masih belum percaya?! Coba disimak hadis Nabi di bawah ini,

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Dalam hadis lain juga disebutkan,

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم  , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al- Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Sepuluh kali lipat pahala untuk setiap huruf  yang kita baca, maka berapa hurufkah yang kita baca sehari? Ataukah kita termasuk orang yang mudah jemu membaca Al Quran? Karena sebagian orang jemu membaca Al Quran walau hanya satu ayat, tapi tidak bosan-bosan membaca novel dan lainya walau puluhan bab. Apakah membaca novel akan mendapat pahala? Apalagi novel yang berisi cinta-cintaan? Alhamdulillah kalau membaca novel yang bermanfaat. Insya Allah juga akan mendapat pahala dan mengambil kebaikannya.

Tetapi, membaca al-Quran pahalanya jauh lebih besar dari membaca novel. Jika memang dengan membaca Al-Quran akan mendapat banyak kebaikan dan pahala mengapa harus pilih yang lain yang justru terkadang mengundang dosa. Dan, syetan tidak pernah berhenti menggoda dan akan senantiasa melemahkan semangat kita untuk membaca Al-Quran.

Apalagi kalau sudah baca WA, status di FB dan IG. Rasanya, waktu 3 jam tidak cukup. Tiba-tiba, ketika baterai habis, aduhh kecewanya rasanya tiada habisnya. Mau tidur lihat HP. Saat tidur mimpinya main HP. Bangun tidur langsung ngintip HP. Habis mandi, yang diambil HP lagi. Saat makan sambil main HP. Atau sebaliknya, main HP sambil makan.

Sepuluh kali lipat ini merupakan ganjaran bagi orang-orang yang membaca Al-Quran dengan ikhlas. Ikhlas, walaupun kita membaca Al-Quran satu juz setiap malam, jika niat kita bukan karena Allah, maka hasilnya akan sia-sia. Oleh sebab itu, belajarlah membaca Al-Quran dengan benar dan bacalah dengan ikhlas ingin mendapat ridhah Allah SWT.

3. Membaca Al-Quran akan menghapuskan dosa

 إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَات

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

Membaca Al-quran adalah sebuah kebaikan yang dilipatgandakan. Maka, barang siapa yang membaca Al-quran, maka kebaikannya akan menghapuskan dosa yang dilakukan. Dosa dan kemaksiatan sudah sering dilakukan, sementara membaca Al-Quran tidak pernah dilakukan, maka menumpuklah dosa dan kesalahan itu. Meskipun dosa dan kemaksiatan itu sedikit, tetapi kalau dilakukan terus-menerus maka dosanya akan membukit juga. Karenanya, perlu dikurangi dengan kebaikan. Dan salah satunya adalah dengan membaca Al-Quran.

4. Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala Allah.

“Tamim Ad-Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

5. Bacaan Al Quran akan bertambah agung dan mulia jika terjadi di dalam shalat.

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

Sudahkah Anda membaca Al-Quran hari ini???