Februari 22, 2024
Bagikan:

Di antara wisudawati yang dilepas oleh Ibu Damayanti, S.Si., Kepala SMA Muhammadiyah I (SMUTU) Sumenep pada acara Pesta Matahari 2023 (Selasa, 9 Mei 2023) adalah Asih Lailatus Safiqah. Tidak banyak yang tahu lebih jauh tentang sosok Asih yang supel dan periang itu. Ia menjadi sosok yang mumpuni melalui tempaan pendidikan selama tiga tahun di SMUTU.

Aci –begitu ia biasa dipanggil– cukup dikenal di sekolah. Bukan hanya karena ia seorang remaja Puteri yang cantik, tetapi Aci adalah Ketua Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah I Sumenep periode 2021-2022. Bahkan, ia juga Bendahara Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumenep.

Sebagai seorang Ketua IPM, tentu saja ia terampil memimpin rapat, mengendalikan mobilitas siswa-siswi SMUTU. Ia juga terbiasa memberikan sambutan di depan publik dan supel menghadapi semua lapisan sosial sekolah dan di luar sekolah. Aci sangat pandai menempatkan diri, kapan berperan sebagai teman, sebagai senior bagi adik-adik kelasnya dan sebagai yunior ketika bersama kakak kelasnya.

Selain kegiatan yang ia geluti di dunia aktivisme IPM, Aci juga seorang mayoret Drumband Bahana Matahari yang handal. Kelincahannya menyita banyak perhatian penontonnya. Bukan hanya itu,  pada tahun 2021, ia mewakili sekolah menjadi Pasukan Pengibar Pendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Sumenep saat Upacara 17 Agustus di Lapangan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Di dunia akademis, ia juga memiliki segudang prestasi. Antara lain,

  1. Peraih medali emas Olimpiade Biologi oleh national Youth Science Competetion (NYSC) tingkat nasional 2022,
  2. Peraih medali emas Olimpiade Biologi oleh Olimpiade Indonesia tingkat Nasional tahun 2022,
  3. Peraih medali perunggu olimpiade biologi nasional yg di selenggarakan oleh Foton Institut
  4. Peraih medali Perunggu Olimpiade Kedokteran Dasar Olimpiade Sains Pelajar Nasional 22
  5. Peraih Juara 4 cabang Madura TOBK AKM tingkat 11 SMA/MA/SMK se Jawa timur tahun 2021.

Ada lagi yang melekat dalam dirinya. Aci adalah pesilat Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Di dunia bela diri ini, ia pernah Lolos seleksi perguruan bela diri Tapak Suci menuju Popnas zona 7 Madura 2021.

Lalu, siapakah sesungguhnya Aci? Ia adalah Puteri dari pasangan Bapak Sappari – Ibu Rustantinah. Lahir dan besar di desa Paseraman Kecamatan Arjasa Pulau “Bekisar” Kangean. Sebelum ke Smutu, Aci bersekolah di MTs YPPMI Arjasa Kangean. Bibit talentanya diawali dari sebuah Madrasah Tsanawiyah YPPMI, sebuah madrasah yang dikelola oleh PCM Arjasa.

Meskipun tinggal di Pulau, Aci memiliki semangat dalam diri untuk menjadi remaja yang berkemajuan. Ia tidak mau hanya menuntut ilmu di Kangean. Maka, diputuskanlah untuk bersekolah di SMA Muhammadiyah I Sumenep.

Bagi Aci, bersekolah di SMUTU itu luar biasa. “Sangat bangga tentunya bisa belajar dan menuntut ilmu di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.Bisa bertemu dengan teman-teman yang menyenangkan dan guru-guru yg sangat luar biasa. Prestasi-prestasi yang saya raih tentunya tidak lepas dari bimbingan guru-guru yang hebat. Tanpa mereka mungkin semua itu tidak akan saya dapatkan.”

“Banyak hal yang saya dapatkan di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep,” lanjut Aci, “dan yang paling melekat dalam diri saya adalah bahwa akhlak, attitude dan moral tidak kalah pentingnya dari kepintaran seseorang. Dan juga hal yang tidak akan saya dapat jika saya tidak bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep adalah menjadi ketua umum PR IPM. Menjadi suatu kebanggaan bagi diri saya karena dari situlah saya bisa memperbanyak relasi dan bisa berbicara didepan banyak orang, tetapi itu semua tidak membuat saya berhenti untuk terus belajar dan belajar.” Begitulah kesan dan pengalaman Azi saat belajar di SMA Muhamamdiyah I Sumenep.

Kepada Aci, Ibu Damayanti, Kepala SMUTU, yang ditemui di runag kerjanya berpesan, “Selamat berjuang di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perjuangan meraih cita cita baru dimulai, semoga Allah memberi kemudahan dan kelancaran untuk Mbak Aci dalam meraih cita cita. Keinginan terbesar Mbak Aci saat ini adalah melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Semoga Allah mengabulkan keinginan dan cita cita mbak Aci. Doa bapak dan ibu guru selalu mengiringi perjuangan Mbak Aci dalam meraih asa dan harapan. Selamat jalan dan tetaplah menjadi anak cantik salihah memenuhi harapan orangtua dan gurunya.”

Dari SMUTU ini, ia bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Dan Alhamdulillah, si cantik mayoret Drumband Bahana Matahari itu diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya. Selamat berjuang untuk menjadi seorang dokter ya Mbak Aci. Doa guru-gurumu menyertaimu. Sukses selalu. Aamiin ya Rabb…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa