Februari 21, 2024
Bagikan:

SMA Muhamamdiyah I Sumenep adalah sekolah yang mengutamakan pendekatan Pendidikan karakter dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Sekolah ini tidak hanya memberikan materi pembelajaran layaknya sekolah lain. SMUTU –begitu orang menyebutnya—juga sekolah para juara, karena melahirkan para juara di berbagai bidang mata pelajaran dan bakat minat.

Yang sangat menarik dari sekolah ini adalah model Pendidikan karakternya yang berbasis pada nilai-nilai Islam. Tidak semata-mata didasarkan pada nilai-nilai etika pada umumnya, tetapi lebih didasarkan pada pendekatan Islam. Dan itu tampak dari seluruh kegiatan yang dilakukan.

Salah satu yang paling menonjol adalah program Gerakan Cinta Al-Qur’an (GCQ). Program ini mewajibkan seluruh siswa untuk terus belajar membaca Al-Quran dengan benar setiap hari. Di samping itu, ada juga yang diarahkan untuk menghafalkan Al-Quran, baik menambah maupun muraja’ah, setiap hari.

Pemadangan ini bisa diamati setiap pukul 09.00 hingga 09.45. Seluruh siswa SMA Muhammadiyah I Sumenep akan berbondong-bondong ke masjid Al-Masturah, masjid sekolah, dengan memegang Al-Quran di tangannya. Mereka dikelompokkan berdasarkan kemampuannya.

Ada yang baru belajar makharijul huruf. Ada yang sudah mulai bisa mengeja huruf-huruf Al-Quran. Ada yang baru bisa membaca Al-Quran dengan pelan-pelan. Ada yang sudah lancer, tapi tajwidnya masih kurang. Dan banyak pula yang sudah bagus bacaannya dan memulai menghafal Juz 30. Bahkan, ada yang sudah hafal al-Quran 2,3, 4 dan 15 juz.

Semua diampu dan diajari oleh para ustadz dan ustadzah yang telaten dan mumpuni, sesuai dengan kemampuan peserta didiknya. Inilah tekad Ibu Kepala SMA Muhammadiyah I Sumenep beserta guru-gurunya. “Kami ingin peserta didik SMA Muhammadiyah I Sumenep menjadi generasi Qur’ani. Tidak hanya pandai secara akademik, tetapi juga mendalam secara qur’anik. Dan kami tidak mau menyia-nyiakan kepercayaan orang tua murid yang menyekolahkan Putera puterinya ke SMUTU.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa