Februari 22, 2024
Bagikan:

Pada tanggal 27 Januari 2024, atmosfer keceriaan dan semangat belajar menyelimuti Aula Graha Puspa Matahari di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Acara Darul Arqam Paripurna yang dihadiri oleh siswa-siswi kelas XII tersebut menjadi momen berharga dengan kajian dhuha yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sumenep, Dr. Moh. Zeinuddin, S.H, S.H.I, M.Hum.

Dalam tausiahnya, yang disampaikan dengan penuh kehangatan dan kearifan, Ustad Zeinuddin membagikan pemikiran dan nasihat yang menginspirasi para siswa untuk lebih tekun dan bersemangat dalam menempuh pendidikan. Beliau, yang akrab disapa Ustad Zein, tidak hanya memaparkan konsep akademis, tetapi juga menyentuh aspek nilai dan etika yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa.

Salah satu poin utama yang disampaikan oleh Ketua PDM Sumenep adalah pentingnya ketekunan dan semangat dalam belajar. Beliau memberikan motivasi kepada para siswa untuk menjadikan pendidikan sebagai landasan untuk mencapai cita-cita dan impian mereka. “Tekun dalam belajar adalah kunci kesuksesan. Jadikan setiap pelajaran sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang,” ujar Ustad Zein.

Lebih dari itu, Ustad Zein juga menekankan pentingnya menjaga adab dan etika kepada orang tua. Beliau menjelaskan bahwa orang tua merupakan anugerah dan amanah yang harus dihormati dan dijaga dengan baik. “Ketika kalian menjaga adab kepada orang tua, itu merupakan bentuk penghargaan atas segala pengorbanan dan doa yang telah mereka berikan,” tambahnya.

Kajian dhuha ini bukan sekadar ceramah, melainkan bentuk dari upaya Sekolah untuk memberikan nilai tambah kepada siswa dalam ranah pendidikan dan moral. Ustad Zeinuddin berusaha memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pentingnya menjadi siswa yang berprestasi tidak hanya dalam hal akademis, tetapi juga dalam membentuk karakter yang baik.

Menanggapi kajian dhuha ini, Kepala Sekolah menyampaikan apresiasi tinggi. “Kami sangat berterima kasih kepada Ketua PDM Sumenep yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan pembekalan dan inspirasi kepada siswa-siswi kami. Kajian dhuha ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membuka cakrawala pemikiran mereka,” ujar Kepala Sekolah, Damayanti, S.Si.

Semoga, melalui kegiatan seperti ini, siswa-siswi dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan potensi diri dan menjadi generasi yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga memiliki etika dan nilai-nilai moral yang baik. Kajian dhuha Darul Arqam Paripurna oleh Ketua PDM Sumenep menjadi titik awal bagi perjalanan para siswa dalam mengejar cita-cita mereka dengan penuh semangat dan tekun.

2 thoughts on “Kajian Dhuha Darul Arqam Paripurna: Semangat Belajar dan Etika kepada Orang Tua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa