Juni 14, 2024
Bagikan:

Di Tengah harga minyak yang terus melambung tinggi, keluarga besar SMA Muhamamdiyah I Sumenep memberikan alternatif kepada masyarakat, terutama kurang mampu. Mereka yang perlu dikasihani ini memutar otak untuk bisa mengirit kebutuhan harian mereka. Mereka tidak lagi berpikir apakah minyak itu akan memiliki dampak negatif pada dirinya atau tidak. Berikut cara-cara menjernihkan minyak ala SMUTU Sumenep.

Pertama, ambil dan kumpulkan minyak jelantah yang telah ada.

Kedua, minyak jelantah disaring dengan kain atau saringan yg rapat.
Ketiga, setelah minyak disaring dengan baik, silhakan tambahkan bongkahan arang dan diamkan selama 24 jam. Langkah ini dilakukan berfungsi untuk menyerap zat karsinogenik. Insya Allah minyak akan tampak jernih.

Di sekolah kami, minyak yang sudah dijernihkan biasanya digunakan untuk membuat sabun alami, yang bisa digunakan untuk mencuci serbet, keset, dan lain-lain.

Namun, menurut Bu Rika, guru MApel Kimia SMA Muhamamdiyah I Sumenep, sebenarnya kurang tepat jika digunakan kembali untuk memasak karena ikatan kimia dalam minyak tersebut sudah rusak, sehingga akan menimbulkan efek buruk untuk kesehatan jangka panjang. Tapi, maaf, bagi masyarakat kurang mampu di kalangan masyarakat hal itu tidak pernah diperhatiakan. itulah efek himpitan ekonomi. Semoga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa