Pingin Tahu Cara Siswa SMUTU Buat Es Krim Tanpa Freezer?
Bagikan yuk!

Kamu pingin buat es krim? Beli bahannya, kemudian diolah dan kemudian masukkan ke dalam freezer atau kulkas atau regrigator. Tapi, kalau membuat pakai kulkas jadinya lama.  Atau, kamu beli saja ke toko yang jual es krim. Tapi, seleranya kadang pingin yang lain. Biar tidak itu-itu saja.

Siswa-siswi SMA Muhammadiyah I Sumenep bisa buat es krim tanpa kulkas, tanpa regrigator, tanpa freezer. Sudah begitu, gak pakai lama lagi! Plus kita bisa milih sesuai selera kita. Topping nya juga semau kita. Pingin tahu caranya?

Siapkan dulu bahannya.  Santan, susu, perasa (sesuai selera bisa strabery, vanila, coklat), sedikit gula, dimasukkan dalam kaleng. Dan jangan lupa siapkan topping yang kita sukai. Boleh misis warna-warni, coklat. Keju juga boleh.. buah-buahan. Roti.

Kamu bisa nyiapkan pendinginnya dengan es batu yang dicampur garam kasar. Lalu, diletakkan dalam baskom yang diameternya lebih besar daripada kaleng yang akan diisi adonan es krim yang kita buat. Inilah yang namanya baskom pendingin.

Fungsi garam kasar adalah untuk menurunkan titik beku air, sehingga berfungsi sebagai frezeer atau kulkas yang mempunyai titik beku di bawah nol.

Setelah adonan sudah diaduk dengan baik dan merata, masukkan kaleng yang berisi adonan es krim itu ke dalam baskom pendingin. Setelah itu, putar dan putar selama sekitar 30 menit. Yang sabar ya muternya. Jangan ditinggal HP-HPan. Biar jadinya bagus. Kalau pingin lebih bagus hasilnya, tambahin dikit ndak papa kok.

Setelah itu, intiplah adonan kamu. Nah, adonan es krim dalam kaleng sudah membeku dan siap disajikan sebagai  es puter. Manis gurih dan nyam nyam… selamat mencoba.

Itulah salah satu pembelajaran Kimia yang sangat menyenangkan.

Karenanya, segera bergabunglah dengan SMA Muhammadiyah I Sumenep. Daftar dari rumah saja melalui bit.ly/PPDBSMUTU20-21