Juli 12, 2024
Bagikan:

Prestasi dan Suksesmu berawal dari Sini, di SMA Muhamamdiyah I Sumenep. Kok bisa? Berikut Alasannya.

Pembelajaran Holistik. Bagaimana tidak, SMA Muhammadiyah I Sumenep adalah Sekolah Berbasis Pembelajaran Holistik. Di SMUTU, peserta didik tidak hanya diajari pembelajaran umum sebagaimana yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya. Di sini, peserta didik juga dididik dengan pendidikan karakter Islami. Shalat Dzuha, Membiasakan Membaca Al-Quran sebelum pembelajaran dimulai, Shalat Dzuhur dan Ashar Berjamaah)

Kelas Tahfidz. Bukan hanya sekedar bisa membaca Al-Quran, di SMA Muhamamdiyah I Sumenep, disiapkan Kelas Tahfidz Al-Quran. Kelas Tahfidz memberikan waktu khusus untuk menghafalkan Al-Quran. Kami ingin menjaga hafalan Al-Quran putera puteri dan menambahkan hafalannya demi masa depannya di dunia dan akhirat. Setiap bulan, sekolah mengadakan Daurah Tahfidz dan Khatmil Quran yang ditempatkan di masjid-masjid, terutama di wilayah Kota. Pada setiap akhir tahun, sekolah mengadakan muraja’ah Kubra yang diikuti oleh seluruh peserta Kelas Tahfidz. Mereka yang berhasil menghafalkan beberapa juz sesuai target, mereka akan diwisuda yang disaksikan oleh hadirin dan para orang tua.

Sekolah Double Track. Pada tahun 2019, SMA Muhammadiyah I Sumenep berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Sekolah Double Track yang diadakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi JAwa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, yang diikuti oleh SMA/MA Negeri Swasta se-Kabupaten Sumenep. Sekolah Double Track adalah sekolah SMA berasa SMK. SMA Muhammadiyah I  Sumenep Double Track menargetkan siswa bukan hanya siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (PTN/PTS), tetapi menargetkan peserta didiknya saat lulus sudah siap kerja. Ada banyak pilihan yang bisa dipilih dari Program Sekolah Double Track ini. Seperti tata boga, tata busana, computer dan web design, reparasi handphone, dekorasi, ke-MC-an, life skill hidroponik, dan sebagainya.

SMA Muhammadiyah Boarding School (SMUTU MBS). Adalah program khusus Asrama Putera dan Asrama Puteri. SMA Muhamamdiyah menyiapkan asrama yang representative bagi putera puteri bapak ibu yang ingin tinggal di asrama. Peserta didik tidak hanya sekedar tinggal, tetapi mereka diajarkan, dididik dan ditempa layaknya mereka yang tinggal di pondok pesantren. Bedanya, model pembelajaran di asrama SMA Muhammadiyah Boarding School disajikan dengan bentuk yang ramah dan menyenangkan. Tidak membuat peserta didik generasi milenial bosan dan tertekan. Mereka yang tinggal di asrama diawasi, didampingi dan dibimbing oleh para ustadz sepanjang hari. SMUTU MBS siap mencetak generasi Islam yang cukup bekal wawasan keagamaan, terampil tampil di masyarakat dan Iptek.

Rujukan Sekolah Sehat. SMA Muhammadiyah I Sumenep adalah Sekolah Adiwiyata Kabupatenn yang rindang, sejuk dan bersih (green and cleen). Bukan hanya Adiwiyata, SMUTU adalah Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur (2017). Di tingkat Kabupaten Sumenep, SMUTU adalah Sekolah Rujukan Sekolah Sehat SMA/SMK/MA tingkat Kabupaten Sumenep. Sudah banyak peserta didik yang menjadi Duta Kesehatan Remaja tingkat Kabupaten dan salah satu siswanya pernah meraih Juara I Tingkat Provinsi Jawa Timur dan menjadi Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur. Karena prestasi inilah banyak sekolah, mulai TK-PAUD, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA yang melakukan belajar bersama di SMA Muhammadiyah I Sumenep.

Eco-Education School. Bahwa SMA Muhammadiyah I Sumenep diakui oleh banyak orang sebagai sekolah yang memiliki metode pembelajaran berbasis alam. SMUTU memiliki ruang terbuka hijau yang menarik dengan beraneka ragam tanaman. Karena keanekaragaman hayati inilah guru-guru SMUTU sering melakukan pembelajaran berbasis alam yang sangat menyenangkan. Sehingga, pembelajaran tidak selalu dilakukan di dalam Kelas.

Sekolah Literasi Utama. SMA Muhamamdiyah I Sumenep mengarus-utamakan literasi dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Di awal pembelajaran, dilaksanakan kegiatan literasi yang diikuti oleh semua peserta didik. SMUTU juga terkenal dengan LKTI-nya. Anda menyukai Karya Tulis Ilmiah Remaja, guru-guru di SMA Muhammadiyah I Sumenep siap membimbing kalian untuk menjadi sang juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa