Menu Tutup

Visi & Misi

VISI, MISI dan TUJUAN 

SMA MUHAMMADIYAH I SUMENEP

VISI

Islami, Bersinergi, Berprestasi

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan nilai-nilai Islam secara demokratis, penuh kebersamaan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Membangun masyarakat pembelajar (learning society/community) dan pusat pengem­bangan sumber daya manusia (human resource development centre) yang berkarakter dan berkeunggulan akhlak mulia, intelektual dan profesional, serta peduli lingkungan.
  3. Membekali peserta didik dengan wawasan keislaman yang kuat, ilmu pengetahuan dan tek­no­logi yang berorientasi pada kecakapan hidup dan berwawasan lingkungan.
  4. Memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, masyarakat dan mitra kerja (stake holders) dengan ramah dan penuh empati.
  5. Membangun kekuatan kebersamaan dan memastikan jaringan hubungan kerja sama yang produktif dan harmonis sesama warga sekolah, dan dengan orang tua, Persyarikatan, masyarakat dan pemerintah, untuk menghasilkan karya amal saleh yang bermanfaat, berkeunggulan dan berkualitas.
  6. Mengembangkan potensi, kemandirian warga sekolah dalam bertindak, belajar dan bekerja untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.
  7. Menjalin hubungan kerja yang berorientasi pada sikap saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil dan prestasi sebaik-baiknya (ahsanu amalan) bagi sekolah, Muhammadiyah, umat dan bangsa.

TUJUAN

  1. Terwujudnya warga sekolah yang memiliki kepribadian dan karakter Islami, berkekuatan tauhid serta benar dalam beribadah;
  2. Terwujudnya warga sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, kebersamaan, tanggung jawab, peduli lingkungan dan memberi tauladan sesama;
  3. Mewujudkan terbentuknya karakter dan mengembangkan kompetensi peserta didik yang berakhlak mulia dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menyiapkan kemandirian dan kecakapan hidup di tengah masyarakat global;
  4. Mewujudkan dan meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  5. Terwujudnya kader Persyarikatan yang tangguh.
  6. Terwujudnya lulusan yang mampu berperan aktif-solutif dalam masyarakat.
  7. Terwujudnya jaringan kerja yang harmonis sesama warga sekolah dan dengan orang tua, Persyarikatan, masyarakat dan pemerintah.
  8. Terwujudnya manajemen sekolah yang didasarkan pada prinsip transparansi, partisipasi, akuntabilitas, keberlanjutan, keseimbangan dan kejujuran.