Juni 12, 2024
Bagikan:

SMUTU – Pada tanggal 25 – 26 Januari 2024, Tim LPPK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur melaksanakan tugasnya dengan melakukan verifikasi keuangan di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep (SMUTU). Tim yang terdiri dari empat orang, yakni Bapak : Ma’ruf Sya’ban, S.T., S.E., M.Ak. (Advisor), Ibu Rieska Maharani, S.E., M.M. (Ketua Tim), Bpk Syaiful, S.E., M.M. (Anggota), dan Ibu Sukma Uli Nuha, S.Ak, M.Ak. (Anggota), bertanggung jawab untuk menilai keakuratan, keberlanjutan, dan transparansi laporan keuangan sekolah.

Verifikasi keuangan ini merupakan langkah penting dalam menjaga integritas keuangan sekolah serta meningkatkan efektivitas pengelolaan dana. Hasil verifikasi diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada pihak sekolah tentang praktik terbaik dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan yang baik dan benar.

Ibu Kepala Sekolah, yang merasa senang dan bersyukur atas kunjungan Tim Verifikasi, menyampaikan terimakasihnya. Dia menyatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur kepada sekolah kami untuk menjalani proses verifikasi keuangan. Ini adalah langkah yang sangat positif dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah.”

Tim Verifikasi tidak hanya berfokus pada pengecekan dokumen keuangan, tetapi juga berinteraksi langsung dengan para pengelola keuangan dan administrasi sekolah. Mereka memberikan rekomendasi dan masukan konstruktif guna meningkatkan sistem pengelolaan keuangan di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.

Bapak Saiful, salah satu anggota Tim Verifikasi, mengungkapkan, “Kami melihat semangat dan dedikasi dari pihak sekolah dalam mengelola keuangan dengan baik. Namun, ada beberapa area yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Kami berharap rekomendasi yang kami sampaikan dapat dijadikan sebagai panduan untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik di masa depan.”

Verifikasi keuangan bukan hanya tentang menemukan kesalahan, tetapi lebih pada memberikan arahan dan bimbingan kepada sekolah untuk mencapai standar keuangan yang lebih tinggi. Ibu Kepala Sekolah menambahkan, “Verifikasi ini bukan hanya sekadar proses verifikasi adminsistrasi keuangan namun yang lebih penting adalah kita banyak , tapi juga pembelajaran tentang pengelolaan keuangan yang baik dan transparan untuk menuju sekolah yang akuntable. Selanjutnya kami siap mengimplementasikan rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas dan transparansi laporan keuangan sekolah yang akuntable.”

Dengan adanya proses verifikasi keuangan ini, diharapkan sekolah dapat memperoleh banyak pelajaran berharga. Transparansi keuangan yang terjamin akan membangun kepercayaan orang tua murid, stakeholder, dan masyarakat umum terhadap SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Ini merupakan pelajaran tentang pengelolaan keuangan sekolah yang benar dan akan menjadi modal penting dalam memastikan dana sekolah digunakan dengan efisien dan sesuai peruntukannya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur berharap bahwa verifikasi keuangan seperti ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di wilayah ini. Dengan demikian, sekolah-sekolah Muhammadiyah dapat menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan bertanggung jawab.

1 thought on “Tim LPPK PWM Jatim Lakukan Verifikasi Keuangan di SMUTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ganti Bahasa